#UPERP11T01C - Sharing Economy (Bistip.com)


Menurut Financil Times yang dicuplik dalam Ziliun (http://www.ziliun.com/articlesudah-waktunya-lo-ngerti-tentang-sharing-economy/), sharing economy adalah a disruptive economic form that unleashes new sources of supply atau kalau terjemahannya, suatu bentuk ekonomi yang disruptif yang melepaskan sumber-sumber suplai baru.

Masih berdasarkan Ziliun juga, sumber-sumber suplai yang dimaksud diatas misalnya AirBnb, salah satu startup yang membentuk sharing economy, jadi disruptif dengan cara melepaskan sumber-sumber suplai akomodasi non-hotel seperti apartemen, rumah, dan villa. Yang dulunya suplai akomodasi terbatas hanya dari para pemilik hotel dan sejenisnya, sekarang masyarakat biasa yang kebetula npunya kamar gak terpakai dirumah atau apartemennya, bisa menyuplai ruangan ini lewat AirBnB.

Sesuai dengan postingan saya sebelumnya, saya akan memposting beberapa tugas dari pertemuan pertama perkuliahan ERP minggu lalu. Dipostingan ini saya akan meriview salah satu aplikasi berbasis sharing economy seperti yang sudah diajabarkan diatas. Untuk teman-teman yang hobi berbelanja dan atau kalian yang suka wara-wiri antar kota maupun antar negara, mungkin sudah familiar dengan aplikasi bistip.com. Yap, bistip.com adalah platform untuk titip menitip secara online yang memberdayakan traveler dan penitip barang. 

Mekanisme penitipan barang melalui bistip.com adalah sebagai berikut : penitip dan yang menitip harus registrasi sebagai anggota bistip.com, kemudian pengelola akan mengecek identitas tiap calon anggota melalui emailyang didaftarkan. Mereka yang berniat menitip harus mentransfer uang terlebih dahulu ke rekening bank milik bistip.com setelah kesepakatan harga tercapai diantara penitip dan yang menitip. Oh iya perlu teman teman ketahui, bistip.com akan menarik fee sebesar 3% dari harga yang telah disepakati . Komisi ini hanya akan dibebankan kepada pihak yang menitip. Kemudia setelah serah terima barang berlangsung dan kedua pihak melapor ke bistip.com, pengelola akan mentrasfer uang sejumalh nominal yang telah disepakati kepada pihak yang dititipi.

Bagaiman teman-teman? Menarik bukan? Untuk para traveller sekalian jalan-jalan sekalian  mendapatkan uang jajan, sedangkan untuk teman-teman yang senang belanja tidak perlu repot repot mengeluarkan ongkos dan biaya lainny sehingga bisa dimaksimalkan seluruhnya untuk belanja hehehe. Sekalian dulu untuk postingan saya kali ini, sampai jumpa di epsode berikutnyaa :’).


Komentar

Postingan populer dari blog ini

#UPERP11UAS02 - SKENARIO

#UPERP11T02C - Review Blog One Piece