#UPERP11T01H - Kemudahan Transfer Antar Bank dengan Flip

Yap, masih dengan tugas dari pertemuan pertama perkuliahan ERP Systems. Dikarenakan Load Pekerjaan yang sedang tinggi tingginya, project pribadi, dan berbagai macam bla bla lainnya, mohon maaf untuk postingan tugas yang seharusnya sudah selesai terpending hingga hari ini *ngeles *curhat *tapi ini serius.

Anyway, kembali ke tugas, pada postingan kali ini saya akan membahas mengenai salah satu aplikasi yang inovatif. Seperti yang teman-teman ketahui, Kemajuan teknologi dibidang perbankan mempermudah berbagai perihal masyarakat. Sebagai contoh, dengan adanya mesin Anjungan Tunai Mandiri (ATM) memungkinkan untuk melakukan pengiriman uang/transfer kepada seseoarng yang jauh secara praktis dan dalam waktu yang singkat. Bahkan saat ini, pengiriman uang maupun transaksi bank yang lainnya sudah dapat dilakukan melalui hand phone.

Kendati demikian, masih ada keluhan dari sebagian beberapa kita terkait transfer antar Bank. Seperti yang sudah teman-teman ketahui semua, jika kita melakukan transfer antar Bank akan dikenakan biaya. Memang besarnya biaya transfer tidak sampai Rp 10.000 per transaksi, tetapi kalau teman-teman melakukan transfer dalam jumlah yang sedikit atau dengan intensitas yang sering, akan terasa besar bukan ?

Nah, terkait dengan hal tersebut, saya mau berbagi informasi yang  bisa menjadi salah satu solusi teman-teman semua. Adalah Flip, sebuah inovasi bentukan tiga alumnus Universitas Indonesia yang sistemnya bekerja sebagi ‘penengah’. Saya akan berikan gambaran bagaimana flip bekerja. Misalnya, ketika kita akan mentransfer dari rekening Bank 1 ke rekening Bank 2, hal yang harus dilakukan adalah mentransfer dari rekening Bank 1 milik kita ke rekening Bank 1 milik Flip. Kemudian Flip akan mentransfer dari rekening Bank 2 flip ke rekening Bank 2 dengan nomor rekening yang kita tuju. Dengan demikian biaya transfer akan menjadi hilang bukan? Mungkin teman-teman akan bertanya, kok bisa ya? Flip dapat untungnya dari mana ya ? Nah untuk hal tersebut, silahkan teman teman cari informasinya lebih lanjut di link ini ya hehehe https://flip.id/biaya

Sudah jauh mutar-mutar saya bercerita , saya punya tugas nih. Masih seputar tugas dari pertemuan pertama perkuliaha ERP System. Dimana mahasiswa ditugaskan untuk mendaftar aplikasi ini. Nah, karena saya sudah punya aplikasinya, dan sudah pengalaman melakukan proses pendaftaran Flip (Ciyee), saya akan share bagaimana proses pendaftarannya.
  •  Pertama teman teman akses website flip. https://flip.id/, kemudian klik pendaftaran yang ada di sudut kanan atas. (FYI, untuk teman-teman pengguna android aplikasi ini sudah bisa di download di Google Play Store. sedangkan untuk pengguna Apple harap bersabar, aplikasi ini belum ada di App store). 

  • Kedua, teman-teman isi data data yang diperlukan.

  • Ketiga, teman-teman akan diminta menuliskan username yang akan digunakan dan memilih Kota/Kabupaten tempat tinggal saat ini

  • Keempat, Flip akan melakukan verifikasi by hand phone, jangan sampai salah input ya. Apa lagi nomor mantan yang diinput *loh

  • Kelima, Input verification code yang teman teman terima melalui sms, lalu verifikasi.
  • Keenam, Berikutnya teman-teman perlu isi identitas diri.
  • Ketujuh, Setelah melalui proses ini teman-teman akan ditampilkan halaman notifikasi untuk segera melakukan verifikasi data di Alfamart. Caranya cukup mudah sudah dijelaskan pada halaman tersebut, teman-teman hanya perlu datang ke salah satu list alfamart yang ditampilkan berdasarkan hasil pemilihan tempat tinggal dan jangan lupa membawa identitas asli yang digunakan untuk registrasi. Teman-teman akan dikenakan biaya administrasi sebesar Rp 4.000.

  • Kedelapan, teman-teman tinggal melakukan upload identitas asli yang digunakan pada saat verifikasi di alfamart ke website flip. Jika teman-teman sudah melakukan semua tahapan diatas, sudah mulai bisa menggunakan akun untuk melakukan transaksi.
Sekian untuk postingan kali ini, semoga bermanfaat.

Gita


Komentar

Postingan populer dari blog ini

#UPERP11UAS02 - SKENARIO

#UPERP11T02C - Review Blog One Piece